• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Teknologi Pertanian
Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian
  • Beranda
  • Profil Kami
    • Pengantar
    • Visi, Misi, Tujuan
    • Profil & Capaian
    • Struktur Organisasi
    • Dosen
    • Tenaga Kependidikan
    • Kerja Sama
    • Kontak Kami
  • Pendidikan
    • Sarjana
      • S-1 TPHP
    • Magister
      • S-2 ITP
      • S-2 THP
    • Doktoral
      • S-3 Ilmu Pangan
    • Kalender Akademik
      • Sarjana
      • Pascasarjana
    • Akreditasi
    • Pendaftaran
  • Penelitian
    • Seminar
    • Publikasi
  • Mahasiswa & Alumni
    • Info Akademik
    • Organisasi Mahasiswa
    • Magang Industri
    • Beasiswa
    • Student Mobility
    • Tugas Akhir
    • Karir
    • Alumni
  • Fasilitas
    • Laboratorium
      • Bioteknologi
      • Pangan dan Gizi
      • Rekayasa Proses
      • Kimia Biokimia Pangan dan Hasil Pertanian
      • Pengelolaan Limbah
      • Latihan
    • Public Service
    • Perpustakaan
      • Universitas
      • Fakultas
    • Internet Access
  • Pengabdian
  • Beranda
  • Berita
  • Dosen Tamu
  • Kuliah Tamu Praktikum Pengembangan Produk: Tips and Trick Pemasaran Digital di E-Commerce

Kuliah Tamu Praktikum Pengembangan Produk: Tips and Trick Pemasaran Digital di E-Commerce

  • Dosen Tamu, Kabar Departemen, Kuliah Tamu
  • 22 April 2021, 14.55
  • Oleh: nafiza.d
  • 0

Kegiatan praktikum Pengembangan Produk dan Teknologi Proses TPHP UGM mengadakan kuliah tamu dengan mengundang seorang entrepreneur dan podcaster yaitu Rizky Ardi Nugroho. Kuliah tamu yang berlangsung pada Rabu, 21 April 2021 pukul 13.30-15.00 WIB ini dipandu oleh Dr. Dwi Larasatie Nur Fibri, S.T.P., M.Sc. Kuliah tamu ini dilaksanakan melalui platform Webex dan diikuti oleh 102 peserta.

Saat ini, untuk memperkuat dan memperluas jaringan pemasaran produk dapat menggunakan bantuan e-commerce dan reseller. E-commerce merupakan mall elektronik atau pasar elektronik yang di dalamnya terdapat banyak penjual. Beberapa e-commerce atau marketplace raksasa di Indonesia, antara lain Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli.com, Facebook Marketplace, GoFood, GrabFood, dan lain-lain.

E-commerce menjadi salah satu sarana yang berguna untuk memasarkan produk karena adanya keamanan transaksi, variasi metode pembayaran dan pengiriman, jangkauan lebih luas dan efisien, serta ekonomis dan fleksibel. Selain itu, e-commerce juga memberikan kenyamanan dalam merekap data penjualan karena di dalamnya menyajikan dashboard analytics (barang terlaris, sasaran konsumen, dan trend penjualan), laporan keuangan (laporan laba-rugi, laporan pemasukan dan pengeluaran barang dalam waktu harian, mingguan, bulanan), dan data survei kebutuhan konsumen yang diperlukan sebagai bahan analisis strategi bisnis dalam pengambilan kebijakan.

Kunci sukses dalam memasarkan produk melalui e-commerce, antara lain menyediakan harga kompetitif, menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah, menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas, menyediakan banyak bonus, seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon, memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian, menyediakan ruang untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain, serta mempermudah kegiatan jual-beli. Ada pula tips menyusun konten yang efektif untuk ditampilkan di e-commerce, yaitu dengan menyajikan foto yang menarik, menampilkan nama produk yang mudah masuk ke pencarian (keyword), memberikan deskripsi yang jelas dan lengkap, serta melengkapinya video atau link.

“E-commerce memiliki algoritma yang berubah setiap hari sehingga harus dipelajari detailnya, namun percuma juga kalau dipelajari kalau tidak diterapkan,” ujar Mas Rizky. Mas Rizky juga menjelaskan perlunya komitmen untuk menjaga kontinuitas pemasaran digital agar sukses meningkatkan penjualan melalui e-commerce.

Video Kuliah Tamu Praktikum Pengembangan Produk dapat diakses melalui tautan berikut

Leave A Comment Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Universitas Gadjah Mada

Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian

Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) – UGM

Jl. Flora No. 1, Bulaksumur

Yogyakarta, Indonesia, 55281

E-mail : tphp@ugm.ac.id

Telp. 0274-549650

LINK PILIHAN

  • PENELITIAN UGM
  • PENGABDIAN UGM
  • MUI – HALAL
  • BADAN POM
  • KEMENRISTEKDIKTI

INFO JURNAL

  • AGRITECH online
  • SCIENCE DIRECT
  • FOOD SCIENCE
  • SPRINGER LINK
  • PERPUSNAS
  • WILLEY ONLINE LIBRARY
  • SCOPUS

LAIN-LAIN

  • DOSEN PURNA TUGAS
  • IN MEMORIAM

IKUTI KAMI

  • Instagram
  • YouTube
  • Email

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju