Kegiatan praktikum Pengembangan Produk dan Teknologi Proses TPHP UGM mengadakan kuliah tamu dengan mengundang seorang entrepreneur dan podcaster yaitu Rizky Ardi Nugroho. Kuliah tamu yang berlangsung pada Rabu, 21 April 2021 pukul 13.30-15.00 WIB ini dipandu oleh Dr. Dwi Larasatie Nur Fibri, S.T.P., M.Sc. Kuliah tamu ini dilaksanakan melalui platform Webex dan diikuti oleh 102 peserta.
Saat ini, untuk memperkuat dan memperluas jaringan pemasaran produk dapat menggunakan bantuan e-commerce dan reseller. E-commerce merupakan mall elektronik atau pasar elektronik yang di dalamnya terdapat banyak penjual. Beberapa e-commerce atau marketplace raksasa di Indonesia, antara lain Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli.com, Facebook Marketplace, GoFood, GrabFood, dan lain-lain.
E-commerce menjadi salah satu sarana yang berguna untuk memasarkan produk karena adanya keamanan transaksi, variasi metode pembayaran dan pengiriman, jangkauan lebih luas dan efisien, serta ekonomis dan fleksibel. Selain itu, e-commerce juga memberikan kenyamanan dalam merekap data penjualan karena di dalamnya menyajikan dashboard analytics (barang terlaris, sasaran konsumen, dan trend penjualan), laporan keuangan (laporan laba-rugi, laporan pemasukan dan pengeluaran barang dalam waktu harian, mingguan, bulanan), dan data survei kebutuhan konsumen yang diperlukan sebagai bahan analisis strategi bisnis dalam pengambilan kebijakan.
Kunci sukses dalam memasarkan produk melalui e-commerce, antara lain menyediakan harga kompetitif, menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah, menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas, menyediakan banyak bonus, seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon, memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian, menyediakan ruang untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain, serta mempermudah kegiatan jual-beli. Ada pula tips menyusun konten yang efektif untuk ditampilkan di e-commerce, yaitu dengan menyajikan foto yang menarik, menampilkan nama produk yang mudah masuk ke pencarian (keyword), memberikan deskripsi yang jelas dan lengkap, serta melengkapinya video atau link.
“E-commerce memiliki algoritma yang berubah setiap hari sehingga harus dipelajari detailnya, namun percuma juga kalau dipelajari kalau tidak diterapkan,” ujar Mas Rizky. Mas Rizky juga menjelaskan perlunya komitmen untuk menjaga kontinuitas pemasaran digital agar sukses meningkatkan penjualan melalui e-commerce.
Video Kuliah Tamu Praktikum Pengembangan Produk dapat diakses melalui tautan berikut