• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Teknologi Pertanian
Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian
  • Beranda
  • Profil
    • Pengantar
    • Visi, Misi, Tujuan
    • Profil & Capaian
    • Struktur Organisasi
    • Dosen
    • Staf
    • Kontak Kami
  • Akademik
    • Sarjana
      • S-1 TPHP
    • Magister
      • S-2 ITP
      • S-2 THP
    • Doktoral
      • S-3 Ilmu Pangan
    • Pendaftaran
    • Akreditasi
    • Kalender Akademik
  • Mahasiswa
    • Info Akademik
    • Organisasi Mahasiswa
    • Magang Industri
    • Beasiswa
    • Student Mobility
    • Tugas Akhir
    • Alumni
    • Karir
  • Fasilitas
    • Laboratorium
      • Bioteknologi
      • Pangan dan Gizi
      • Rekayasa Proses
      • Kimia Biokimia Pangan dan Hasil Pertanian
      • Pengelolaan Limbah
      • Latihan
    • Perpustakaan
    • Internet
    • E-Jurnal
    • Public Service
  • Aktivitas
    • Penelitian
      • Seminar
      • Publikasi
    • Pengabdian
    • Kerja Sama
  • Home
  • Uncategorized

Informasi Student Mobility di Khon Kaen University, Thailand

  • Uncategorized
  • 28 Juni 2024, 15.15
  • Oleh : nafiza.d

Timeline Sebelum Keberangkatan

  1. LIMA BULAN sebelum keberangkatan (Agustus):
    • Mengurus pembuatan paspor
    • Mengadakan meet bersama kating yang mengikuti program student mobility di KKU tahun lalu untuk sharing pengalaman selama berada di KKU.
    • Membuat timeline bersama terkait pengurusan VISA dan planning keberangkatan
    • Membuat grup dengan Bu Dwi untuk memudahkan transfer informasi dari pihak KKU
  2. TIGA BULAN sebelum keberangkatan (Oktober):
    • Pemilihan topik penelitian berdasarkan research interest
    • Pengurusan dan pengumpulan dokumen untuk pembuatan VISA
    • Pemesanan tiket transportasi untuk keberangkatan (pesawat dan bis)
    • Pengurusan dokumen IAD KKU: IAD-1 (application); IAD-2 (recommendation letter)
    • Pembelian asuransi kesehatan selama di KKU
    • Melakukan konfirmasi dengan dosen pembimbing KKU (melalui email)
  3. SATU BULAN sebelum keberangkatan (Desember):
    • Melakukan konfirmasi dengan staff international affairs KKU serta dosen UGM (bu Dwi) terkait tanggal dan waktu keberangkatan serta tiba di KKU.
    • Telah melakukan pembuatan VISA
    • Melakukan pembelian simcard sementara
    • Melakukan diskusi terkait barang bawaan dan penukaran mata uang dari IDR ke BAHT
  4. SATU MINGGU sebelum keberangkatan:
    • Melakukan konfirmasi dengan staf yang ditugaskan, baik UGM maupun KKU bahwa semua hal sudah selesai diurus dan akan berangkat sesuai jadwal yang telah ditentukan
    • Memastikan dokumen penting serta tiket untuk keberangkatan telah disiapkan dan dibawa dengan aman

Dokumen

  1. Dokumen Administrasi Akademik UGM:
    • The Report Form to Study at KKU with signed (the example of the form is attached
    • 1 Photo
    • The copy of the first page of the passport with personal details (signed)
    • The copy of the student card (signed)
    • The copy of the transcript (signed)
  2. Dokumen Administrasi Universitas Tujuan:
    • IAD-1 Application letter- for all four students to complete (kindly attach student photo on the letter, and attach students’ English proficiency certificate for us as well)
    • IAD-2 Recommendation letter – for the professor to recommend their students
  1. Visa Negara Tujuan
    • Pengurusan Visa
      • Waktu pengurusan maksimal awal Desember
      • Berkas yang diperlukan:
        • Passport
        • Application Form: Formulir aplikasi visa dapat diunduh di sini.
        • LoA atau Confirmation Letter
        • SKCK: Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang diterbitkan maksimal 1 bulan sebelum pengurusan, minimal ditingkat POLDA dengan keterangan “study in Thailand”.
        • Letter of Enrollment: Surat ini bisa diunduh melalui layanan akademik UGM.
        • Foto 3.5×4.5 cm: Sebanyak 2 lembar dengan latar belakang putih.
        • Uang Tunai: Rp 1.120.000,00 untuk biaya pengurusan visa.
      • Jenis Visa: Non-immigrant visa “ED”
      • Catatan: Visa ini hanya berlaku selama 3 bulan setelah lewat imigrasi di Thailand.
    • Perpanjangan Visa Thailand
      • Perpanjangan visa di imigrasi
      • Berkas yang diperlukan untuk di imigrasi:
        • Application Form TM 7: Formulir ini dapat diunduh di sini.
        • Notification Form TM 30: Formulir ini juga dapat diunduh di sini.
        • Fotokopi ID Card Pemilik Asrama
        • Fotokopi Sertifikat Kepemilikan Asrama
        • LoA atau Confirmation Letter
        • Fotokopi Kartu Mahasiswa
        • Fotokopi Transkrip KKU
        • Passport
        • Fotokopi Halaman Identitas Passport
        • Fotokopi Halaman Visa Passport
        • Fotokopi Halaman Cap Imigrasi Thailand di Passport
        • Surat Perpanjangan Visa dari KKU
        • Foto 4×6
      • Berkas untuk Memperoleh Visa Extension Letter
        • Fotokopi Kartu Mahasiswa
        • Fotokopi Transkrip KKU
        • Fotokopi Halaman Identitas Passport
        • Fotokopi Halaman Visa Passport
        • Fotokopi Halaman Cap Imigrasi Thailand di Passport
        • Polis Asuransi Jiwa: Polis asuransi jiwa yang dapat diterjemahkan ke Bahasa Inggris. Jika tidak memiliki, bisa membeli polis asuransi jiwa di Traveloka (Astra Life Health Insurance Basic Plan).
      • Catatan: Visa Extension Letter diterbitkan oleh KKU dan harus segera diurus minimal 1 hingga 1,5 bulan sebelum tenggat akhir visa karena pengurusan di IAD sangat lama. Lokasi perpanjangan visa dapat ditemukan di sini.
  1. Keuangan
    • Mata uang
      • Mata uang yang digunakan : Bath
      • Exchange rate Rupiah : 1 Bath = 447,27 rupiah (kurs dapat berubah sewaktu-waktu
      • Beberapa tips yang direkomendasikan :
        • Membawa banyak uang tunai dari Indonesia dan ditukarkan di money exchanger
        • Membuat rekening di Mandiri Livin’/Brimo karena bisa transfer valas
        • Kalau sudah sampai di KKU, tukar rupiah ke bath atau sebaliknya dapat dilakukan di grup Permitha Simpul (komunitas mahasiswa Indonesia di KKU)
    • Rekening dan ATM
      • Rekening luar negeri dapat digunakan untuk menerima valas dari Indonesia, berikut bank yang disarankan untuk membuka rekening baru:
        • Krungsri Bank: Lokasi.
        • Krungthai Bank: Lokasi.
      • Berkas yang diperlukan untuk membuka rekening:
        • LoA atau Confirmation Letter
        • Passport
      • Pembuatan rekening bank sangat disarankan karena banyak transaksi menggunakan QR Promptpay (QRISnya Thailand). Untuk pengiriman uang dari Rupiah ke Baht, aplikasi WISE sangat direkomendasikan karena memiliki kurs yang paling baik.
  1. Dokumen lain yang dibutuhkan
    • Dokumen untuk mess/apartemen kurang tau apa saja. Apartemen berada di LangMor yaitu The Park KKU dengan biaya per bulan 4000 bath/bulan
    • Dokumen untuk Student ID Card: email dan password dari Faculty of Technology dan Foto Background bebas. Student ID Card dapat mengakses KKU Library yang sangat nyaman.

Logistik & Travel

Logistik

  1. Akomodasi
    • Tempat tinggal : The Park KKU (https://maps.app.goo.gl/KSwy2ExosM4ZpjBA6?g_st=ic)
    • Jarak ke kampus : 2,3 km
    • Kendaraan : KKU electric vehicle (https://icead.kku.ac.th/kst-ev-timetable/)
    • Biaya : Listrik (tergantung pemakaian) dan Air (150 THB)
    • Fasilitas : almari dan meja rias, kulkas kecil, kamar mandi dengan water heater, mesin cuci (tiap mencuci bayar dengan koin sebesar 30 THB)
  2. Transportasi
    • Flight :
      • Keberangkatan : YIA – Suvarnabhumi Airport
      • Kepulangan : DMK – CGK
    • Bangkok – Khon Kaen
      • Bandara to Nakhonchai Air Bus Bangkok (https://maps.app.goo.gl/HnfLPY4ENLFRaeWR6?g_st=ic) : by Grab
      • Nakhonchai Air Bus Station to Khon Kaen : by Bus Nakhonchai Air (https://www.nakhonchaiair.com/ncaweb/)
      • Khon Kaen Station to Dorm : dijemput oleh pihak Fakultas (Miss Kanok on Neera (P’Tan)
      • Rute kembali ke Indonesia sama
    • Di KKU tersedia bus kampus dengan rute dan jadwal yang dapat diakses [di sini](https://icead.kku.ac.th/kst-ev-timetable/). Dorm kampus terletak di luar area kampus dan sering ditempatkan di blue line B7. Untuk ke Techno Fac., naik blue line turun di complex kemudian berjalan kaki. Untuk ke mall Central, bisa naik blue line dari dorm ke complex lalu naik van ke Central dengan biaya 15 Baht.
  3. Telepon
    • Kartu sim : bisa membeli digitravel di shopee kemudian bisa membeli simcard Thailand di bandara atau setelah tiba di Khon Kaen
    • Merk sim card : True Move
    • Wifi kampus : akan diregistrasi oleh pihak kampus dan akan diberikan akun di kemudian hari
    • Wifi dorm : terdapat password disetiap kamar
  4. Packing
    • Pakaian : kemeja 5, kaos 5, celana 4, pakaian olahraga, pakaian tidur 3 pasang, sepatu 2-3, sendal 1, jaket 1, topi 1, jaslab, pakaian tradisional (batik, kebaya, etc)
    • Personal item : peralatan mandi, adaptor, setrika, hanger, skincare
  5. Luggage
    • Koper untuk bagasi: tergantung pembeliannya berapa rata rata 20-30 kg
    • Tas untuk di kabin: 7 kg maksimal 2 hand carry, cairan maksimal 100 ml dan kalau untuk skincare bisa dimasukkan ke travel kit
    • Tas pribadi: kartu identitas, dompet, paspor, obat-obatan, dsb

 Travel

  1. Makanan Halal/Vegetarian
    • KKU Student Complex 1: Terdapat 1 restoran Halal dan 1 restoran Vegetarian.
    • Kangsadarn Area:
      • Kai Rod Tip: Belum Halal tapi tidak menjual menu babi.
      • Ayam Goreng: Halal.
      • Tigerbone Noodle: Mie Halal.
    • Depan Lotus Khon Kaen:
      • Mie Umar: Halal.

2. Wisata Akhir Pekan

    • KKU Flea Market / Jubilee Market: Lokasi. Naik bus kampus turun di Golden Jubilee. Jadwal buka tutup dapat dicek di sini.
    • Khon Kaen Walking Street: Lokasi. Bukanya hanya Sabtu sore.
    • Ton Tann Market: Lokasi.
    • Bueng Kaen Nakhon Resevoir: Lokasi.
    • Central Khon Kaen: Lokasi.

3. Info Hiburan di Khon Kaen

Untuk informasi hiburan di Khon Kaen, kunjungi halaman Facebook Review Khon Kaen.

4. Tempat Belanja dan Mencari Cemilan

    • Talad Mo: Lokasi. Terdapat makanan yang disukai dan tidak mengandung babi, yaitu Khao Yum Gai Tod (Salad Ayam dengan nasi) yang dijual sebelah makanan Korea.
    • Lotus (Belanja Bulanan): Lokasi.
    • Kieng Superstore: Lokasi.
    • 7-11 Mor Daeng (Depan Dorm): Lokasi. Setiap pukul 5 menjelang 6 akan ada makanan yang didiskon.

5. Tempat Ibadah

Khon Kaen Central Mosque (diseberangnya ada gereja) Lokasi.

Tinggalkan Komentar Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Related Posts

Dua Mahasiswa TPHP UGM Raih Prestasi dalam Maju:On Hackathon 2025

Kabar DepartemenSDG 12: KONSUMSI DAN PRODUKSI YANG BERTANGGUNG JAWABSDG 7: ENERGI BERSIH DAN TERJANGKAUSDG 9: INDUSTRI INOVASI DAN INFRASTRUKTUR Senin, 17 November 2025

Mahasiswa Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian (TPHP) Universitas Gadjah Mada kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Felicia Jeanete Adelyn dan Brilliant Christalia Anjani, mahasiswa angkatan 2023, berhasil meraih Juara 1 pada Student Track ajang […].

Inovasi Nanoteknologi Lipida Bawa Dosen TPHP UGM Raih Penghargaan Internasional di Bidang Kimia

Kabar DepartemenKiprah DosenSDG 4: PENDIDIKAN BERKUALITASSDG 9: INDUSTRI INOVASI DAN INFRASTRUKTUR Jumat, 7 November 2025

Sebuah prestasi membanggakan diraih oleh peneliti sekaligus dosen Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Dr.nat.techn. Aulia Ardhi, S.T.P., M.Sc., yang mendapatkan Penghargaan Kimia (Förderungspreis für Chemie) 2025 dari Die Österreichische Chemische Gesellschaft […].

Mahasiswa Pascasarjana TPHP UGM Dalami Proses Produksi Skala Industri melalui Kunjungan ke Sido Muncul dan Indofood

Kabar DepartemenSDG 12: KONSUMSI DAN PRODUKSI YANG BERTANGGUNG JAWABSDG 4: PENDIDIKAN BERKUALITASSDG 9: INDUSTRI INOVASI DAN INFRASTRUKTUR Senin, 3 November 2025

Semarang, 27 Oktober 2025 — Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian (TPHP), Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada, menyelenggarakan kegiatan Kunjungan Industri bagi mahasiswa tahun pertama Magister Ilmu dan Teknologi Pangan (S2 ITP) dan Magister […].

TPHP UGM Gelar Kuliah Tamu Bersama Bauer Andreas dari BOKU Vienna: Bahas Transformasi Sosial dan Sistem Pangan dalam Konteks Perubahan Iklim

Dosen TamuKabar DepartemenSDG 4: PENDIDIKAN BERKUALITAS Jumat, 31 Oktober 2025

Yogyakarta, 22 Oktober 2025 — Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian (TPHP), Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada, menyelenggarakan kegiatan Kuliah Tamu untuk mahasiswa semester pertama Program Sarjana Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian.
Universitas Gadjah Mada

Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian

Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) – UGM

Jl. Flora No. 1, Bulaksumur

Yogyakarta, Indonesia, 55281

E-mail : tphp@ugm.ac.id

Telp. 0274-549650

LINK PILIHAN

  • PENELITIAN UGM
  • PENGABDIAN UGM
  • FTP UGM
  • Pascasarjana FTP UGM

INFO JURNAL

  • IFNP
  • Agritech
  • Food Science
  • Perpusnas
  • Science Direct
  • Scopus
  • Wiley Online Library

AKREDITASi

IKUTI KAMI

[smbtoolbar]

© Universitas Gadjah Mada

PENELITIAN UGMPENGABDIAN UGMFTP UGMPascasarjana FTP UGM