Pada hari Rabu, 2 Juni 2021, mata kuliah Kewirausahaan TPHP UGM mengadakan kuliah tamu yang bertema “Digital Marketing 101: How to Improve Your Online Presence with Digital Marketing Strategy”. Kuliah tamu ini dibawakan oleh Raissa Sabrina, Ex Social Media Strategist Female Daily Network, dan dipandu oleh Andika Wicaksono Putro, S.T.P., M.Sc., dosen TPHP UGM. Kuliah tamu yang berlangsung pukul 07.15-09.00 WIB ini dilaksanakan melalui platform Webex dan diikuti oleh 102 peserta.
Marketing adalah segala aktivitas yang dilakukan sebuah perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa, termasuk proses pengembangan produk, metode distribusi, metode penjualan produk atau jasa, strategi penjualan, dan periklanan. Secara umum, marketing bertujuan agar semakin banyak orang mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan, teredukasi, dan kemudian dapat meningkatkan penjualan. Beberapa peran dalam marketing, antara lain business development, brand marketing, relationship manager, sales executive, digital marketing officer, social media specialist, dan lain-lain.
Jenis-jenis marketing ada tiga, yaitu above the line, below the line, dan through the line. Marketing above the line memiliki tujuan sebagai brand awareness dan media yang digunakan biasanya berupa selebaran, TV, radio, papan reklame, dan bioskop. Marketing ini memerlukan biaya yang tinggi, audience yang didapat sangat luas dan hanya mengandalkan komunikasi satu arah, serta umpan balik tidak segera didapatkan. Marketing below the line memiliki tujuan untuk menperoleh tanggapan dari pelanggan dan media yang digunakan biasanya berupa email, pameran, dan telepon. Marketing ini memerlukan biaya yang relatif tinggi, audience yang didapat terbatas, namun terdapat komunikasi dua arah, serta umpan balik segera didapatkan. Marketing through the line memiliki tujuan sebagai brand awareness dan memperoleh tanggapan dari pelanggan. Media yang digunakan biasanya berupa gabungan antara marketing above the line dan below the line. Marketing ini memerlukan biaya yang relatif rendah, audience yang didapat sangat luas, namun dapat dipilih sesuai target audience yang dikehendaki, serta umpan balik segera didapatkan.
Kelebihan dari digital marketing, antara lain audience dapat ditargetkan, platform interaktif, dapat dilacak dan diukur, dan mudah diimplementasikan. Digital marketing dapat mengatur target audience dengan karakter, demografi, minat, dan perilaku tertentu. Platform yang sangat beragam dan interaktif membuat digital marketing memiliki milyaran pengguna aktif yang menghabiskan banyak waktunya untuk internet. Selain itu, terdapat marketing funnel atau biasa disebut konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) yang digunakan untuk menyiapkan suatu campaign sehingga dapat menentukan objektif dan matriksnya yang akan muncul dalam bentuk angka dan mudah untuk disampaikan. Terakhir, digital marketing ini mudah diimplementasikan karena zaman sekarang sepertinya tidak ada orang yang tidak bermain media sosial.
Beberapa peranan yang ada di digital marketing, antara lain website, content, SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), social media, social media marketing, KOL marketing, dan email. Website menjadi bagian tugas dari developer, back end, front end, product analyst, UI/UX designer, UI/UX writer, dan SEO specialist. Content menjadi bagian tugas dari Chief Marketing Officer/Art Director, copywriter, designer, content creator, dan photographer/videographer. SEO menjadi bagian tugas dari SEO specialist, baik on-page (optimisasi di website) maupun off-page (optimisasi di luar website untuk backlink dan meningkatkan domain authority). SEM memiliki fungsi yang hampir sama dengan SEO, namun SEM merupakan strategi berbayar dan SEO merupakan strategi organik. Social media menjadi bagian tugas dari social media specialist, content planner, dan social media strategist. KOL (Key Opinion Leader) marketing adalah salah satu cara untuk cross promotion agar brand awareness semakin luas dengan behavior yang telah ditentukan. Kemudian, email dapat digunakan untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan supaya permintaan terhadap produk tetap stabil atau bahkan meningkat.
Strategi dalam digital marketing yaitu dengan mengoptimalkan seluruh aspeknya. Dalam konsep Digital Marketing Trifecta, terdapat 3 elemen yang perlu diperhatikan, yaitu owned, paid, dan earned. “Dengan 3 elemen tersebut, kita dapat memanfaatkan media yang dimiliki, diperoleh, dan dibayar untuk strategi pemasaran yang komprehensif,” ujar Mbak Sasa.
Video Kuliah Tamu Kewirausahaan dapat diakses melalui tautan berikut