Pada hari Rabu, 14 April 2021, Praktikum Pengembangan Produk TPHP UGM mengadakan kuliah tamu yang bertema “Membuat Desain Logo, Brand, Slogan, dan Cara Branding”. Kuliah tamu ini dibawakan oleh Rizky Ardi Nugroho, seorang entrepreneur dan podcaster, dan dipandu oleh Dr. Dwi Larasatie Nur Fibri, S.T.P., M.Sc., dosen TPHP UGM. Kuliah tamu yang berlangsung pukul 13.30-15.00 WIB ini dilaksanakan melalui platform Webex dan diikuti oleh 119 peserta.
Branding adalah segala usaha untuk mengembangan ciri khas produk yang membedakannya dengan produk lain. Dengan adanya ciri khas tersebut, produk akan mendapat citra positif dan dapat melekat di benak konsumen. Terdapat 5 prinsip yang harus diterapkan dalam branding produk, yaitu menentukan audiens produk, seperti apa produk ingin dikenali, perbedaanya dengan produk lain, keunikan produk, dan mengkomunikasikan produk secara konsisten.
Saat ini, banyak orang menggunakan media sosial supaya up-to-date mengenai berita terkini, mencari konten hiburan, mengisi waktu luang, terhubung dengan teman, dan lain-lain. Adanya media sosial juga dapat dimanfaatkan sebagai media promosi produk. Ragam media sosial yang saat ini banyak digunakan, antara lain website, youtube, instagram, facebook, twitter, linkedin, spotify, dan google podcast. Setiap karakteristik platform media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media promosi produk, seperti facebook dan instagram yang menawarkan visual yang menarik dan link langsung ke kanal jualan, twitter yang dapat digunakan dengan membuat beragam cuplikan dari produk, dan chat app yang bersifat personal dan relevan sehingga dapat memasarkan produk secara langsung kepada pelanggan.
Selain itu, konsisten dalam mempromosikan produk, membangun kedekatan dengan konsumen, mempelajari statistik kanal digital, dan menggunakan KOL (Key Opinion Leader) atau mempromosikan produk melalui influencer juga dapat mendukung peningkatan citra positif dari sebuah produk.
Video Kuliah Tamu Praktikum Pengembangan Produk dapat diakses melalui tautan berikut