
Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian (TPHP) Fakultas Teknologi Pertanian UGM kembali menyelenggarakan Gelar Produk 2025, sebuah ajang tahunan yang menampilkan karya inovatif mahasiswa dalam pengembangan produk pangan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 21 Mei 2025, di Selasar Fakultas Teknologi Pertanian UGM sebagai bagian dari Mata Kuliah Praktikum Pengembangan Produk dan Proses.
Dengan mengusung tema Produk Turunan Susu dan Pangan Steril, Gelar Produk 2025 menjadi ruang eksplorasi bagi mahasiswa S1 TPHP angkatan 2022 untuk menampilkan kreativitas, kemampuan teknis, serta pemahaman mereka terhadap kebutuhan konsumen masa kini. Kegiatan ini juga menjadi wadah kolaboratif yang mendorong mahasiswa untuk menghasilkan produk pangan yang tidak hanya lezat dan bergizi, tetapi juga bernilai tambah dan kompetitif di pasaran.
Tahun ini, sebanyak 11 kelompok menampilkan berbagai produk inovatif yang menarik perhatian pengunjung. Di antaranya adalah:
- YoGo – yoghurt set dengan rasa khas Indonesia seperti klepon dan es doger
- Bakso Hago – bakso ayam steril siap santap dengan pilihan saus seblak dan gravy
- Yopping – yoghurt drink dengan popping boba dan rasa tradisional seperti es cendol dan es pisang ijo
- Gozarella – inovasi cheese toast dengan keju mozzarella
- Nyelam – pempek steril siap saji
- WheyCup – minuman kopi susu berbahan dasar whey, produk samping pembuatan keju
- Choose Cheese – cream cheese yang diolah menjadi cheesecake kekinian
- We Lacto – susu kambing pasteurisasi dengan pendekatan produk kekinian
- Soyumm! – sosis berbasis kedelai pasteurisasi dengan saus khas Jimbaran
- Navatahu – inovasi pada proses pembuatan tahu murni
- Cekerious – olahan ceker steril
Menariknya, hampir seluruh produk yang dipamerkan habis dalam waktu kurang dari satu jam setiap kali stand dibuka, menandakan tingginya antusiasme pengunjung. Selain membeli, pengunjung juga diberi kesempatan untuk memberikan vote bagi kelompok favorit mereka. Hasilnya, tiga produk dengan suara terbanyak pada Gelar Produk 2025 adalah WheyCup, Yopping, dan Cekerious.
Melalui kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya dilatih untuk berpikir kreatif dan aplikatif, tetapi juga diberi pengalaman nyata dalam proses pengembangan produk mulai dari ide, formulasi, produksi, hingga pemasaran. Diharapkan Gelar Produk ini dapat memotivasi mahasiswa untuk mengembangkan semangat berwirausaha dan memperkuat kompetensi mereka dalam industri pangan berbasis inovasi.
Ditulis oleh: Firstnandita Keisha